Friday 29 June 2007

3 Hari Untuk 3 hari

Yes, akhirnya bisa posting lagi...
Gila, buka friendster di kampus susahnya minta ampun...

Yup, sekarang to the topic...

Sekarang aku mau nyeritain pengalaman yang "unik" dalam pekerjaan rutin TA ku di Subang. Selama di Subang, aku ama partner TA ku si Shita selalu singgah dulu di rumah Pak Deni. Pak Deni merupakan salah satu pertner TA ku juga, beliau baru aja lulus S2 di PSDH LH SITH ITB maret 2007 lalu. Nah, setiap mau berangkat ke SMKN 2 Subang tempatku ngolah sampah hasil pengumpulan Pak Ikin, aku sering lewat
jalan pintas. Jalan pintas ini berupa jalan setapak yang disebelah kiri dan kanannya terdapat hamparan sawah yang menghijau.

Disini yang keren (hahaha, pendapat aku loh ^^) Kok rasanya seneng banget ngeliatin hamparan sawah hijau itu. Rasanya seakan aku berada di masa lalu saat sekolah SD dulu. Perasaan kalem dan tenang plus bersemangat tiba-tiba aja muncul begitu ngeliat sawah ini dan mencium bau tanah sawah yang basah. Gak tau kenapa kayak gini, yang jelas rasanya menyenangkan aja ngelewatin hamparan sawah itu.

Analisis pribadi saya adalah keadaan ini berasal dari pengalaman menyenangkan di masa lalu. Emang dulu waktu SD aku sering banget jalan2 dan maen ke sawah dekat perumahanku. Dan pengalaman menyenangkan yang kuperoleh dulu mungkin selalu keingat alam bawah sadarku. Heh, dan dengan isengnya aku ngasosiasikan pengalaman psikologis ini dengan pengalaman pribadiku baru2 ini. Hahaha, aku gak bakal bilang disini..tapi yang jelas aku ngalamin perasaan yang menyenangkan juga beberapa hari sebelumnya. Yah, akhirnya pengalaman menyenangkan yang datang dari masa lalu dicampur dengan pengalaman menyenangkan yang baru = sensasi menyenangkan yang luar biasa.

Wakakak, aneh kan ceritanya...tapi yang jelas aku seneng nemuin satu lagi hal yang bisa buat aku teringat pengalaman yang menyenangkan. Satu hal yang kudapat hari itu, bahwa aku SUKA SEKALI DENGAN SAWAH PADI ^^

Whatever orang bilang aneh, but it's really something to me to see that rice farm (bener gak gini bahasa inggrisnya sawah padi?)

Hari itu emang lumayan menyenangkan, pertama ngeliat padi2 hijau itu di sawah. Kemudian dilanjutkan dengan penghancuran sampah yang lancar, jumlah sampah yang ternyata gak terlalu banyak, dan pekerjaan yang tidak terlalu lama, jam 17.00 kita dah selesai. Horeee bisa pulang ke Bandung lebih sore..

Berikutnya on my great TA day: Kita kan belum makan tuh dari pagi2 buta, lagian siangnya di rumah Pak Deni juga cuma diem nunggu Mang Ikin selesai ngambil sampah (hehe lumayan nundutan beberapa saat). Nah di perjalan pulang itu kita sepakat tuk makan di tempat makan yang enak --> Tahu Coel. Set dah, aku pengen banget makan enak setelah kerja berat seharian, bekerja dengan sampah pula. Dimulailah wisata kuliner singkat sore itu. Dimulai dengan nasi timbel ukuran small (menurut aku yang "rakus" ^^), trus ngambil 'timbul' (ini teh gara2 si shita waktu pertama kesini makan timbul, jadi we penasaran pengen nyoba), dan yang terakhir... ngambil lauk yang sensasional sore itu: IKAN NILA BAKAR!! hmmmm lezat abis lah keliatannya. Aku ambil tempat duduk yang ngadep ke hamparan sawah lagi (hahaha senangnya!) Kali ini pemandangan sawah di senja hari, cool... Kuambil sambel khas RM Tahu Coel, trus kecap manis yang kusiramin ke ikan nila bakarnya. Berikutnya....kuambil daging ikan nila itu perlahan, dan nyammmmmm.....ENAK BANGET! Gila men, rasanya nendang! top markotop! (ngutip kata-katanya wisata kuliner si bapak beungeut mupeng ituh) Hmmm, nikmat banget lah pokoknya makan timbel, ikan nila bakar dan 'timbul' sore itu, sampai nambah nasi timbelnya coba! Rasanya puas deh setelah kerja capek, ditutup dengan makan enak.

Kenapa aku bahas ini? Sebab aku punya prinsip soal kerja. Pokoknya setiap pekerjaan harus seimbang dengan pemenuhan kebutuhan pribadi, intinya kalo aku kerja berat maka makannya sehabis kerja wajib enak, minimal gak minimalis banget. Worth it banget deh walo ternyata sampai bayar 14 ribu (hehe boros). Keliatannya sih belagu dan ga hemat. Tapi aku ngerasa setiap energi yang aku keluarin adalah sesuatu yang aku berikan sepenuh hati, so wajar kan kalau aku memuaskan diriku sendiri lewat hal yang menyenangkan, terutama yang memenuhi kebutuhan dasar (makan salah satunya). Karena asumsiku, seseorang layak mendapatkan yang terbaik setelah memberikan yang terbaik, ya toh?! You get what you give. Equivalent enogh?

Apakah hari itu sudah berakhir? Belum ternyata sodara-sodara. Pas nyampe bandung aku baru inget, ternyata malam itu Rossi lagi tanding lawan Casey Stoner. Dan akupun ngebut ke rumah opik sehabis nganter shita balik. Kupikir pasti kelewat nih nontonnya, dan ternyata berhasil! Aku berhasil nonton, walau cuma last lap dan harus menerima kenyataan bahwa Rossi kalah! Yah, gak selamanya menyenangkan juga hari ini ternyata. Yup, sama lah sama hari-hariku sebelumnya, ada hari yang menyenangkan ada juga yang enggak kan. Alhamdulillah hari itu cukup menyenangkan untukku. Tambah2in spirit TAku lah.

Malam harinya aku ditinggal pergi retna, dia pergi KP ke Tarakan...seandainya aku ke sana juga... Na, semangat ya....

Cukup tuk cerita hari minggu kemaren. Sekarang aku mau cerita tentang dua hari terakhirku..

Hari senin yang lalu kuhabiskan untuk nyelesein nilai praktikum biologi umum II. Alhamdulillah selesai. Satu lagi pekerjaanku selesai. Tapi hari senin itu aku lagi2 ditinggal sobat lain. Si Bos Smurf pergi ke Aceh Pak! yah crafttec ditinggal deh. Emang udah di delegasiin semua kerjaan, insya Allah beres. Tapi tetep aja, si bos pergi euy...tempat nanya selama ini, kayanya bakal keilangan dulu deh untuk 3 minggu. Yah pokoknya harus berkembang dan belajar lebih banyak dari biasanya selama ditinggal si Kang Angga. Malam harinya aku dapat tawaran menyenangkan pula, tawaran kerja di SKD ITB dari didot. Wah hari senin ini lumayan juga ternyata (menyenangkan! ^^) Dan senin ini juga diwarnai dengan menyiapkan sekretariat kisah sahabat kota bareng Kandie di jalan lombok 9, dilengkapi dengan penambahan tugas rumah (beberapa desain dan kerjaan ngeprint lainnya, biasa lah..) Dan dimulailah hari selasa berikutnya...

On Tuesday:
Malam selasa diawali dengan makan malam dua indomie goreng dan dua telur (hahaha "rakus" kan?) Aku niatnya sih mau gerjain tugas2 but, seperti yang terjadi di malam2 sebelumnya, aku ketiduran lagi sodara! Hahaha, dan subuh2 udah maksaain bangun. Rencananya abis solat mau langsung ngebut kerja, eh tapi ketiduran lagi. Jelek! Kebiasaan jelek! Alhamdulillah setelah bener2 bangun gara2 sakit perut, baru deh bisa mulai kerja lagi. Alhamdulillah juga selesai semua desainnya ^^

Berangkat ke kampus, trus ngeprint di GM. Murah loh, print warna half full aja cuma 500 loh. Hemat kan! Aku print semua hasil desainku tuk disetor ke sekre kisah sahabat kota. Sebenernya hari ini ada meeting undangan dari Dias, ngomongin soal investasi himpunan. Aku curiganya pada ga dateng, jadi we pergi dulu ke lombok 9, bareng Wulan. Di sana kita udah disambut dengan loker plastik buat kita (panitia KSK -kisah sahabat kota-), bersihin bareng wulan deh. Udah gitu kita sempet jalan2 keliling lombok (hehe jalan lombok maksudnya), buat nyari pulsa, laminating dan cari makan. Akhirnya hari ini aku makan siang bareng Wulan di Timbel Bawean, haha udah lama gak makan disini. Sambelnya udah berasa lebih enak sekarang, rasanya dua tahun yang lalu gak seenak ini, syukurlah makan siangku makin nikmat..^^ Yup, sehabis makan siang, hariku dilanjutkan dengan jaga sekre deh...sambil ngobrol "ngaler ngidul" bareng Wulan, ngebunuh kebosanan. Sampai akhirnya datang Icak, dan aku balik ke kampus deh. Ngenet di Comlabs bentar, dan sekarang terdampar lagi di Kubus karena comlabsnya tutup jam 7.......

Lah kok biasa aja ya ternyata hari selasa ini. Tetep ada lah yang kuperoleh hari ini, ternyata aku harus lebih sering berlatih berdiskusi, ngobrol, dan bercerita. Kenapa? Soalnya selama bareng Wulan jaga sekre kok omonganku masih ringan2 aja, gak keluar sama sekali bobot omongan yang filosofis, atau muncul dari kedalaman wawasanku, atau kematangan pengalamanku (kayak yang mateng aja!?) Yah ngerasa biasa2 aja jadinya, ridwan yang biasa, bukan ridwan yang kubayangkan selama ini. Lho emang apa yang kuinginkan? Kadang aku suka ngebandingin diriku dengan orang lain, dan itu ngebuat aku gak bisa jadi diriku sendiri, ergh pengen banget nunjukkin sisi lain dari diriku sama orang disekitarku, but kok blom bisa2 ya...Wah makin gak jelas, yah sudah aku pengen kontemplasi lebih dalam dulu ah...

That's it for today, cu tomorrow...

Go, for a better live....!!!!

June 12, 2007

1 comment:

kaLoi™ said...

is that bahasa malaysia :)
hmm whatever it is, yeah.. u live a better life :)

keep safe.